Monday, July 25, 2016

Bentuk dan Makna Tersembunyi Dari Komponen Dalam Design


Bentuk merupakan salah satu elemen dasar dalam desain Logo. Bentuk-bentuk tertentu (segitiga, bundar, lingkaran dll) atau garis dapat menyampaikan arti yang secara umum dilihat dan memberikan pemahaman tentang suatu maksud. Bentuk-bentuk itulah yang selalu kita lihat dimanapun.

Bentuk-bentuk yang selama ini kita pahami adalah bertujuan untuk :
  • Mengelola informasi melalui suatu hubungan dan pembagian bentuk
  • Menyimbolkan ide-ide yang berbeda
  • Menciptakan pergerakan, tekstur dan kedalaman
  • Menyampaikan mood dan emosi
  • Menekankan dan menciptakan entry point dan bagian yang menarik
  • Memberikan arah pada mata dari satu elemen desain ke elemen desain selanjutnya

1. Garis










Garis terbentuk dari gerakan dari suatu titik yang membentuk suatu goresan yang mengungkapkan gerakan dan bentukan.

Garis yang dibentuk sedemikian rupa dan bercerita, memiliki kemampuan untuk mengungkapkan suasana tertentu. mampu membentuk symbol yang memiliki pengertian khusus, seperti : garis lurus mengesankan kekuatan, arah dan sikap yang kuat. Garis lengkung mengesankan keanggunan, gerakan dinamis, pertumbuhan.

Garis Horizontal : Memberi sugesti ketenangan atau hal yang tak bergerak.
Garis Vertikal : Stabilitas, kekuatan atau kemegahan.
Garis Diagional : Tidak stabil, sesuatu yang bergerak atau dinamika.
Garis Lengkung berbelok : Grace, keanggunan.
Garis Zig-zag : Bergairah, semangat, dinamika atau gerak cepat.
Garis coretan kuas : Casual, seni, fleksibilitas

2. Lingkaran

Lingkaran adalah elemen dasar yang sangat populer dalam desain logo. Ini dapat digunakan sebagai elemen logo independen. Bentuk lingkaran sangat cocok dengan perusahaan yang ingin memberikan kesan yang dinamis, rotasi, memiliki kecepatan, sesuatu yang berulang, tidak terputus, tidak memiliki awal atau akhir, abadi, memiliki kualitas, dapat diandalkan, sesuatu yang sempurna, serta kehidupan.

Lingkaran dapat mewakili kekekalan dan bersifat melindungi, kadang dilambangkan dengan matahari atau pembatasan dalam kurva yang melambangkan pertahanan.


Makna tersembunyi bentuk lingkaran dalam logo melambangkan konsentrasi, ketepatan dan target.



3. Kotak
Kotak dan persegi panjang memberikan kesesuaian, kedamaian, soliditas, keamanan dan kesetaraan. Kotak dan persegi panjang umumnya tidak menarik perhatian, namun dapat di twist menjadi bentuk yang lebih dinamis dan berasumsi teknologi yang kokoh. Logo yang tidak dibatasi dengan kotak atau lingkaran, menandakan kedinamisan yang tidak terbatas serta fleksibilitas.
Makna tersembunyi bentuk kotak dalam logo biasanya melambangkan ruang khusus, visi kekuatan, pandangan-pandangan yang terukur dan harapan (jendela).

4.Segitiga

Segitiga sering dianggap sebagai lambang dari konsep Trinitas, atau lambang 3 unsur tertentu yang saling berhubungan. Dalam konsep religius mendasarkan pada tiga unsur alam semesta, yaitu Tuhan, manusia dan alam. Segitiga juga merupakan perwujudan dari konsep keluarga yakni ayah, ibu dan anak. Dalam dunia metafisika segitiga merupakan lambang dari raga, pikiran dan jiwa. Segitiga yang simetris dapat menjadi simbol untuk hukum, ilmu dan agama.

Makna tersembunyi segitiga dalam logo dapat digunakan untuk menyampaikan perkembangan, arah dan tujuan, maskulinitas, trinitas, ketegaran, stabilitas dan menembus batas.


Sumber:




0 komentar:

Post a Comment