Saturday, August 6, 2016

3 Point Lighting




3 Point Lighting

Sebagai Photographer sudah selayaknya kita memiliki pondasi sebagai dasar kita membuat sebuah karya. Ada banyak bagian yang terdapat dalam dunia CGI ini, salah satunya adalah tentang sistem pencahayaan. Dalam dunia fotografi dikenal istilah 3 point lighting, dimana ada 3 buah lampu yang berbeda fungsinya, namun memberikan dampak yang cukup signifikan dalam menghasilkan karya. Ketiga lampu itu terdiri dari :

– Key Light
– Fill Light
– Back Light

1. Keylight merupakan sumber cahaya utama yang memberikan intensitas cahaya yang lebih kuat. Pada umumnya posisi keylight adalah sekitar 45 derajat disamping kamera, dan arah datangnya cahaya pun dari atas, ini dikarenakan pada dunia nyata, lampu atau cahaya utama biasanya akan datang dari atas, seperti cahaya matahari atau bahkan lampu ruangan.

2. Fill Light merupakan sumber cahaya kedua. Intensitas fill light lebih kecil dari pada keylight, karena fill light hanya sebagai cahaya pengisi pada area yang tak tersentuh oleh keylight.

3. Back Light merupakan sumber cahaya yang terletak pada bagian belakang objek. Fungsi daripada back light adalah untuk memberikan perbedaan yang kontras antara objek dan background sehingga objek tidak terlihat menyatu dengan background.

1 comment: