Wednesday, November 23, 2016

Teknologi Masa Depan Dalam Pembuatan Film


Pasti kalian bertanya-tanya kenapa film barat lebih maju 1000 langkah dari kita indonesia? karena perbedaan yang paling kelihatan adalah orang luar berani mengeluarkan uang yang begitu besar/banyak untuk film yang mereka buat sedangkan indonesia hanya mengeluarkan sedikit uang tetapi ingin mendapatkan untung yang banyak. Seain itu ada beberapa masalah lain yang mendukung film barat lebih maju dari kita yaitu teknologi berikut beberapa teknologi yang mereka pakai.

- WETA DIGITAL

Weta Digital adalah perusahaan digital visual efek yang berbasis di kota Wellington, Selandia Baru. Weta Digital didirikan oleh sutradara dan produser asal Selandia Baru Peter Jackson, Richard Taylor, dan Jamie Selkirk pada tahun 1993. Perusahaan ini berbasis jasa visual effect yang mampu menyediakan komputer untuk mengerjakan film apa saja dengan spesifikasi yang luar biasa serta karyawan yang berpengalaman, berikut beberapa film yang dikerjakan oleh weta digital:
The Hobbit: There And Back Again - Dalam proses (2013)
- The Hobbit: An Unexpected Journey - dalam proses (2012)
- The Adventures of Tintin: Secret of the Unicorn (2011)
- Rise of the Planet of the Apes (2011)
- X-Men: First Class (2011)
- The A-Team (2010)
- Avatar (2009)
- The Lovely Bones (2009)
- District 9 (2009) 
dan masih banyak lagi

- NETAPP

Netapp adalah merupakan sebauh perusahaan penyimpanan komputer dan manajemen data berhak paten yang berpusat di Sunnyvale, California.Netapp merupakan berbasis server yang berguna penyimpanan data animasi CGI dan visual effect dalam jumlah yang sangat besar. Hingga RAM 104 Terrabytes dan mampu menjalankan renderfarm sampai 40 ribu CPU Core. Hingga gambar animasi beresolusi tinggi bisa dikerjakan lebih detil dan lebih cepat. Netapp biasanya lebih dipercaya oleh para film untuk menyimpan data untuk proses editing.

- MOTION CAPTURE

Motion capture adalah sebuah proses merekam gerakan dari suatu obyek. Proses ini banyak digunakan saat pembuatan film ataupun game, yang biasanya untuk merekam setiap gerakan aktor untuk kemudian diolah kembali ke bentuk 3D.Di dalam pembuatan film, mocap berarti merekam aksi dari actor manusia dan menggunakan informasi tersebut untuk menganimasi karakter digital ke model animasi computer dua dimensi atau tiga dimensi. Ketika itu termasuk wajah dan jari-jari atau penangkapan ekspresi yang halus, kegiatan ini biasa dikatakan sebagai performance capture. Banyak sekali film yang menggunakan motion capture ini contohnya saja film avatar.

- CGI

CGI (Computer Graphic Image) adalah penerapan bidang komputer grafis, atau lebih khusus, grafis 3D komputer untuk efek khusus dalam film, program televisi, commercials, simulators dan simulasi umumnya, dan media cetak. CGI digunakan untuk efek visual komputer karena efek yang dihasilkan akan lebih terkontrol dibandingkan lainnya berdasarkan proses fisik, seperti membangun miniatures untuk efek gambar atau mempekerjakan tambahan untuk adegan keramaian, dan karena itu memungkinkan penciptaan gambar yang tidak layak menggunakan teknologi lain. Hal ini dapat juga mengizinkan seorang seniman atau produser untuk menghasilkan konten tanpa menggunakan aktor, pelayanan yang mahal.

3D FUSION CAMERA
Selain kamera Virtual, James Cameron juga punya kamera jenis baru yang canggih, namanya Fusion 3D Camera. Artinya sih hanya Fusion Camera, namun James Cameron memodifikasi kamera tersebut hingga menghasilkan teknologi 3D Fusion Camera. Dengan begitu, kamera bukan hanya mampu menangkap adegan dengan kualitas gambar beresolusi tinggi, tapi juga format 3D makin detil. 3D Fusion Camera ini terdiri dari 2 kamera yang digabung menjadi satu. Kamera ini bisa dibawa kemana-mana oleh Cameron saat syuting sedang berlangsung. Cara kerja kamera 3D sama dengan cara kerja mata manusia, Jadi sudut pandang lensa bisa didekatkan untuk fokus ke obyek yang dekat dan begitu juga sebaliknya. Hasilnya, gambar jadi lebih nyata.


0 komentar:

Post a Comment