Tuesday, September 6, 2016

10 Cara Mendapatkan Ide Kreatif


Pada kesempatan kali ini ASR Indonesia akan memberikan tips 10 cara mendapatkan ide kreatif .Bingung mencari inspirasi? saya juga sama, ini merupakan salah satu faktor yang menghambat saya untuk menulis posting. Tapi, setelah saya introspeksi diri, ternyata gak sesulit itu untuk mencari sebuah ide atau inspirasi. Sebenarnya, caranya sangat mudah dan gak repot. Jadi berikut adalah cara gue untuk mencari ide dan inspirasi:

1. Santai
Untuk mendapatkan sebuah ide dan inspirasi, anda harus bersantai aliasrelax. Bagaimana cara bersantai? Itu terserah anda bagaimana caranya, mungkin tidur-tiduran, makan, duduk santai, mendengarkan lagu dsb. Kenapa harus bersantai? Karena untuk mendapatkan sebuah ide dan inspirasi, kita gak mungkin bisa mendapatkannya kalau kita sedang stress, pusing, capek dll. Maka dari itu, bersantailah, gak perlu pusing-pusing dan terlalu fokus untuk mencari ide dan inspirasi.

2. Cari Tempat yang Tepat
yang satu ini lumayan berpengaruh untuk mecari ide contohnya saja kamar saya sering sekali mencari ide kreatif untuk design di kamar karena dengan keadaan sunyi kita dapat berfikir dengan tenang untuk menemukan ide kreatif kita maka pilihlah tempat yang tepat untuk mencari ide

3.Berimajinasi
Setelah anda relax dan tenang, saatnya anda menjelajahi pikiran anda dengan cara berimajinasi tentang ide dan inspirasi. Berimajinasilah secara bebas, tanpa batasan, tanpa dihalangi peraturan dan fakta. Karena kalau menjelajahi pikiran dengan batasan, bukan berimajinasi namanya.z

4.Waktu
Bagi saya waktu merupakan hal terpenting mendapatkan ide yang pas karena dengan memilih waktu yang pas kita dapat mendapatkan ide yang baik.Contohnya saya sering mendapatkan ide yang sangat cemerlang pada jam 22:30 - 24:00 karna di jam segitu keadaan lingkungan di sekitar kita akan sunyi tidak akan ada suara kecuali suara tv.

5.Reverensi
Dengan reverensi kita tidak perlu berfikir keras untuk mendapatkan ide tetapi dengan reverensi kitadapat berinovasi.

6.Brekomunikasi dan Bersosialisasi
Anda juga harus banyak ngobrol sama orang tua, teman-teman atau orang lain mengenai ide dan inspirasi anda. Sehingga anda bisa melihat ide dan inspirasi anda dari berbagai macam sisi dan pendapat orang lain.

7.Lihat sekitar Anda
Banyak potensi yang disediakan oleh alam. Masih banyak yang belum tersentuh oleh ide-ide kreatif. Jadi mulailah untuk melihat disekitar anda dan pergunakan poin 1 untuk melatih mengembangkan ide kreatif anda.

8.Rasa ingin tahu
Sejak Sekolah Dasar, guru anda pasti seringkali menstimulasi sikap kritis dengan meminta siswanya mengajukan pertanyaan. Pada dasarnya tujuan pendidikan adalah untuk menempatkan anda dalam kondisi selalu bertanya. Maka layaknya anak-anak yang memiliki hasrat ingin tahu yang besar, anda harus bisa mempertahankan hasrat untuk ingin tahu, melihat, dan belajar. Anda harus banyak bertanya. Baik ketika anda berbicara dengan orang lain maupun ketika anda berbicara pada diri sendiri. Bertanya akan menuntun anda untuk membedakan antara apa yang anda ketahui dan yang tidak anda ketahui.

9.Buka mata anda
Stop untuk sekedar melihat saja apa yang terjadi di sekitar anda, dan mulailah untuk mengamati. Artinya anda berupaya melihat dan memahami seluk beluk seseorang, benda, atau perilaku yang seolah-olah belum pernah anda lihat dalam kehidupan anda.

10.Menggali gagasan dengan membaca
Buku adalah gudang gagasan, pemikiran, fakta, opini, informasi, dll. Terlepas dari minat anda untuk membaca, buku merupakan cara untuk menajamkan pemikiran anda dan memperluas sudut pandang anda. Jadi, mulailah untuk melatih diri anda sendiri untuk membaca buku dan temukan hal-hal baru yang sebelumnya tidak anda sadari.


Sumber:

1 comment:

  1. JACKPOT RATUSAN JUTA SETIAP HARINYA HANYA DI S1288poker
    ? WIN THE GAME AT S1288poker?
    Ingin mendapatkan bonus freechips setiap harinya ?
    Mari Bergabung Bersama S1288poker Sekarang juga.
    silahkan hubungi kami apabila ada kendala / keluhan yang sedang bos alami.
    Nikmati 6 Games Menarik dari S1288poker hanya dengan 1 AKUN, Buruan Daftar !!! (PIN BBM: 7AC8D76B)

    ReplyDelete