Saturday, February 4, 2017

Software 3D Terbaik Dalam Pembuatan Animasi Film


Pada dasarnya pada tahun 2017 ini banyak sekali jenis film animasi yang sudah banyak kita kenal contohnya saja animasi upin&ipin maupun moana yang dibuat oleh Walt Disney Animation Studios
. dan sekarang ini terdapat dua jenis animasi yaitu animasi 2D dan 3D seiring kemajuan jaman aniamsi 2D sudaj jarang diminati lagi oleh orang-orang dan kebanyakan lebih tertarik dengan animasi 3D kali ini ASR Indonesia akan bagi-bagi ilmu tentang software yang cocok untuk modeling karakter untuk film:

1. Autodesk Maya


Maya adalah software 3D modeling maupun animasi, khususnya character modeling dan character animation. perangkat lunak grafik komputer 3D dibuat oleh Alias Systems Corporation (Diakuisisi oleh Autodesk, Inc. pada tahun 2006). Maya digunakan dalam industri film animasi atau cartoon, dan juga untuk permainan video komputer.

Kelebihan dari program ini adalah proses pembuatan Animasi yang relatif lebih mudah dibandingkan perangkat 3D lainnya. Oleh karena itu, Maya memang lebih banyak digunakan untuk membuat character modeling dan animasinya. berikut beberapa contoh dari autodesk maya


2. Cinema 4D

Cinema 4D ini buatan perusahaan maxon yang berada di Jerman. Layaknya software 3D yang lain, cinema 4D berfungsi untuk modelling, animasi, texturing, pencahayaan dan rendering.
Cinema 4D yang juga biasa disebut C4D adalah software yang cukup mantap untuk Anda yang ingin belajar 3D dengan komputer yang specnya pas pasan. Karena saya sudah pernah menguji di komputer saya dengan spec minim dan lumayan mampu merender cukup cepat. ada beberapa kelebihan dan kekurangan dar cinema 4D yaitu:
Kelebihan :
– Interface yang “user friendly”,
– Hasil dari basic rendernya juga bagus,
– Wordflownya “bagus”.

Kekurangan :
– Sofware ini termasuk software yang berlisensi tidak open source seperti blender,
– Sulit untuk menemukan tutorial di internet,
– Harga dari software cukup mahal jika original.

contoh dari cinema 4d 


3. 3DS MAX

3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max pada Juli 2005 adalah 7. 3Ds Max Autodesk 8 diperkirakan akan tersedia pada akhir tahun. Hal ini telah diumumkan oleh Discreet di Siggraph 2005.
         3ds Max adalah salah satu paket perangkat lunak yang paling luas digunakan sekarang ini, karena beberapa alasan seperti penggunaan platform Microsoft Windows, kemampuan mengedit yang serba bisa, dan arsitektur plugin yang banyak.
Beberapa kelebihan dan kekurangan 3ds max

Kelebihan
Banyak sekali fitur professional untuk pemodelan, animasi, simulasi, dll yang sangat berperan penting dalam dunia entertainment dan per-film-an
· Pembuatan animasi objek yang sangat mudah
· Sangat mendukung pemodelan tingkat professional (editable poly, editable mesh, editable spline, editable patch dengan vertex, face, element, dll)
· Terdapat simulasi alam seperti simulasi angin, air, api, gravitasi, kain, dll yang bisa Anda explorasi di bagian reactor
· Mudahnya merender dengan hasil cukup memuaskan (tanpa plugin tambahan seperti vray) seperti dengan menggunakan mode matahari skylight dan light tracer pada bagian render tab advanced lighting.
· Mendukung script 3dsmax (MAX SCRIPT) yang berekstensi ms, mscr, txt, dat, dll
· Masih banyak fitur yang dapat ditemukan yang tidak dapat disebutkan satu persatu oleh Saya apabila dibandingkan dengan google sketchup

Kekurangan
Karena banyak sekali fitur professional di 3ds max ini, maka membutuhkan waktu yang lama untuk mempelajari hingga menjadi professional untuk memanfaatkan semua sumber daya 3ds max secara maksimal.
berikut interface 3ds max

4. Blender

Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering.
 berikut kelebihan dari blender


Kelebihan Blender 3D
-Tidak membutuhkan ruang kapastias yang banyak
-Software Open Source, jadi dapat dijalankan di operating sistem Linux
-Tidak berat saat melakukan render
-Dan mudah untuk digunakan


Kelemahan Blender 3D
-Tool yang dimiliki tidak lengkap seperti 3D Max
-Tampilan cukup berantakan
-Semua proses dilakukan dengan manual






1 comment:

  1. JACKPOT RATUSAN JUTA SETIAP HARINYA HANYA DI S1288poker
    ? WIN THE GAME AT S1288poker?
    Ingin mendapatkan bonus freechips setiap harinya ?
    Mari Bergabung Bersama S1288poker Sekarang juga.
    silahkan hubungi kami apabila ada kendala / keluhan yang sedang bos alami.
    Nikmati 6 Games Menarik dari S1288poker hanya dengan 1 AKUN, Buruan Daftar !!! (PIN BBM: 7AC8D76B)

    ReplyDelete